Analisa Tugas Pemrograman Jaringan

2:13 AM


Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai hasil dan analisa dari beberapa program sederhana dalam pemrograman jaringan. Yaitu sebagai berikut:

1. LATIHAN GET IP
Listing Program


Logika Program

Baris program diatas digunakan untuk melihat alamat IP pada sebuah komputer. Pada bagian awal, program akan mengimport seluruh isi library java.net. Selanjutnya, program akan mendeklarasikan variable host. Setelah itu program akan memberikan nilai kepada variable host dengan memanfaatkan fungsi getLocalHost yang akan mengambil nama host dari komputer. Setelah itu program akan menjalankan fungsi getAddress untuk mengambil alamat IP berdasarkan host yang sebelumnya sudah tersedia dan akan disimpan kedalam variable ip. Untuk menampilkan alamat IP yang sudah diambil sebelumnya digunakan pengulangan for yang mana didalamnya tedapat percabangan if yang jika nilai i > 0 maka akan mencetak “.” selanjutnya program akan mencetak 1 element dari variabel ip berdasarkan indeks yang diberikan sekaligus menjadikan value dari elemen tersebut menjadi unsigned value sehingga dapat dibaca secara benar.

Output Program




2. LATIHAN GET NAME
Listing Program



Logika Program

Baris program diatas digunakan untuk menampilkan nama host yang dimiliki oleh sebuah komputer. Bagian awal program akan mengimport library java.net. Kemudian program akan mendeklarasikan variable host. Setelah itu program akan memberikan nilai kepada variable host dengan cara menggunakan fungsi getLocalHost yang akan mengambil nama host dari komputer tersebut. Selanjutnya, program akan mencetak “Nama komputer anda” yang diikuti dengan nama host yang diambil menggunakan fungsi getHostName.

Output Program




3. LATIHAN IP TO NAME
Listing Program



Logika Program

Program diatas digunakan untuk mengubah IP pada komputer menjadi nama host komputer. Program diawali dengan mengimport library java.net. Kemudian membuat sebuah class yang berisi perintah untuk memasukkan alamat ip komputer yang kemudian di simpan ke dalam variable host. Selanjutnya program akan mencoba untuk merubah ip yang tersimpan dalam variable host menjadi nama host dengan perintah InetAddress.getByName(host), jika IP yang dimasukkan salah maka program akan tertutup, jika IP yang dimasukkan benar, maka program akan mencetak nama host yang di dapatkan dengan perintah System.out.println(address.getHostName()).

Output Program




4. LATIHAN NSLOOKUP
Listing Program



Logika Program

Program ini berfungsi untuk melihat IP address dari nama host berdasarkan argumen dari user. Pada baris awal program akan mengimport library java.net. Selanjutnya, program memiliki kondisi pertama jika user tidak memberikan argumen apapun maka akan mencetak “Pemakaian: java NsLookup <hostname>” lalu sistem akan keluar. Jika terdapat argument maka akan disimpan kedalam variable host bertipe data string berdasarkan argument dari user saat menjalankan program. dan juga program akan mendeklarasiakn variabel address, dimana variabel address akan digunakan untuk memperoleh nama host. Setelah itu program akan mencoba mencari IP dari string host yang sebelumnya sudah diperoleh, jika gagal maka akan mengeluarkan tulisan “Unknown host” dan sistem akan keluar. Jika sukses maka alamat ip akan disimpan kedalam variable ip array yang bertipe data array. Untuk menampilkan alamat IP yang sudah diambil sebelumnya digunakan pengulangan for yang mana didalamnya tedapat percabangan if yang jika nilai i>0 maka akan mencetak “.” selanjutnya program akan mencetak 1 element dari variabel ip berdasarkan indeks yang diberikan sekaligun menjadikan value dari elemen tersebut menjadi unsigned value sehingga dapat dibaca secara benar.

Output Program




5. MEMBANGUN APLIKASI CLIENT-SERVER TCP SEDERHANA
Listing Program



Logika Program

Listing program diatas merupakan contoh program sederhana dalam penerapan TCP untuk komunikasi Client – Server.

Server
Pertama-tama program akan mengimport seluruh isi dari library java.io dan java.net. lalu program akan membuat variable baru yaitu testport yang memiliki tipe data integer untuk menampung alamat port yang nantinya akan digunakan, selain itu program juga mendeklarasikan variable checkServer, line, is, os, dan clientsocket. Setelah itu program akan mencoba port yang ada dengan menjalakan objek ServerSocket dengan argument Testport, jika sukses program akan mencetak “Aplikasi Server Hidup …” dan jika terjadi kesalahan maka program akan menjalankan IOException. Setelah itu program akan menerima data yang dikirim oleh client dengan fungsi accept() dan program akan membalas pesan yang diberikan oleh client berdasarkan  nilai yang diberikan, jika pesan yang diberikan merupakan “salam” maka program akan menjawab “salam juga”, selain itu program akan menjawab “Maaf, saya  tidak mengerti”.

Client
Pertama-tama program akan mengimport seluruh isi dari library java.io dan java.net. . lalu program akan membuat variable baru yaitu testport yang memiliki tipe data integer untuk menampung alamat port yang nantinya akan digunakan, selain itu program juga mendeklarasikan variable checkServer, line, is, os, dan clientsocket. Setelah itu program akan melakukan pengecekan IP yang diberikan dalam argument oleh user apakah sesuai dengan server yang sedang berjalan. Setelah itu program akan menunggu inputan dari user yang nantinya akan dikirimkan ke server. Setelah itu program akan menunggu balasan dari server dan akan menampilkan balasan tersebut pada sisi client.

Output Program



You Might Also Like

1 comments

Give your comment here

Translate