Teknologi pada PES 2016

8:52 AM




Assalamuallaikum Wr.Wb.

Sekarang saya sudah memasuki semester 3 (masih ada 5 semester lagi untuk di tempuh), di semester ini saya mendapat mata kuliah yang baru, termasuk mata kuliah softskill tentang “Internet & New Media”. Nah, pada tugas softskill pertama ini saya diharuskan untuk membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut. Disini saya akan membahas tentang teknologi animasi yang digunakan dalam pembuatan game Pro Evolution Soccer 2016 (PES 2016), sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang apasih Internet & New Media itu.

Internet & New Media itu sendiri adalah sebuah teknologi atau media baru yang  berfungsi untuk memberikan kemudahan-kemudahan terhadap pekerjaan manusia. Dalam mata kuliah ini, new media nya ditunjang oleh internet sebagai alat bantu nya.

Nah, sekarang saya akan masuk ke topik utama dari artikel ini, yaitu teknologi animasi pada pembuatan Pro Evolution Soccer 2016. Game yang dirilis oleh perusahan KONAMI tersebut merupakan game sepakbola yang sangat digemari oleh kalangan remaja maupun dewasa sekarang ini. Pesaing game sepakbola ini adalah game sepakbola buatan EA , yaitu FIFA 2016. Game ini sama-sama memberikan efek visual, grafis, dan gameplay yang sangat nyata, mulai dari lapangan, penonton, wajah pemain, hingga cuaca saat pertandingan di dalam lapangan. Hal tersebut tak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Bagaimana tidak, wajah pemain sepakbola yang sejatinya adalah nyata dapat di visualisasikan dalam bentuk video game yang terlihat nyata juga. Sebagai contoh untuk perbandingan, disini ada sebuah gambar yang menunjukan wajah asli pemain sepakbola pada Real-Life dan wajah yang di visualisasikan dalam video game.


Bisa dilihat gambar diatas, sangat mirip wajah yang nyata dengan yang di visualisasikan. PES 2016 menggunakan teknologi 3D Face Scan untuk membuat nya, teknologi ini dinamakan Fox Engine. 

Apa itu Fox Engine? 

Fox Engine merupakan sebuah mesin 3D Face Scan yang digunakan untuk membuat visualisasi 3D pada video game, engine ini diluncurkan oleh Kojima. Berikut ini saya sertakan link video proses scan face pada pembuatan PES 2016.


Proses pembuatan nya diawali dengan pengambilan foto, kemudian di lanjutkan dengan editing 3D FACE menggunakan fox engine editor. 


Tanpa menghilangkan gameplay yg menarik dari PES versi sebelumnya, konami resmi menambahkan fitur baru dalam PES 2016 selain bentuk wajah yang kelihatan seperti asli, fitur tersebut adalah Dynamic Weather System yang memungkinkan untuk mengubah cuaca pada saat pertandingan berlangsung. PES 2016 memberikan tantangan baru dengan Rain Weather (hujan) saat pertandingan berlangsung, hal ini memungkin pemain terpeleset saat berusaha merebut bola dari pemain lawan.
Nah, mungkin itu sedikit ulasan saya tentang teknologi terbaru yang digunakan dalam pembuatan Pro Evolution Soccer 2016. Sebagai penutup disini saya sertakan screenshoot dari gameplay PES 2016





Wassalamuallaikum Wr.Wb

Source :

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate