Website (Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan)
11:01 AM
PENGERTIAN WEB
Www atau world wide web atau web saja merupakan sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen yang berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
Website adalah kumpulan halaman web yang diletakkan dalam suatu tempat atau site maupun situs. Jadi, di dalam website terdapat halaman-halaman web, beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lain yang diletakkan dalam satu tempat yang diidentifikasi melalui nama domain (domain name) dan alamat ip (IP Address).
SEJARAH WEB
Web pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991 web terhubung dengan jaringan.Tujuan dari dibuatnya web pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian webs saat itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian web secara terminologi.
Web dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN menyatakan bahwa web dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian web sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
PERKEMBANGAN WEB
Web 1.0
Web 1.0 secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Sifat dari web 1.0 adalah read. Ciri-ciri umum yang mencolok yaitu consult, surf dan search. Jadi web 1.0 hanya digunakan untuk browsing atau mencari informasi tertentu. Beberapa ciri khas dari web 1.0 antara lain :
Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
Web 3.0
Walaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah.
PERBEDAAN WEB 1.0, 2.0, dan 3.0
WEB
1.0
|
WEB 2.O
|
WEB 3.0
|
dirancang
untuk mengakses infromasi yang interaksinya
hanya satu arah |
dirancang
untuk mengakses informasi dengan interaksi dua arah
|
Aplikasi
– aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi
|
memiliki
sifat Read
|
Bersifat
Write and Read
|
Visual
Berbasis 3D
|
Bersifat
interaktif
|
Internet
sebagai platform
|
adanya
web service
|
mengharuskan
pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu
persatu konten di dalamnya
|
pengguna
internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat
situs yang bersangkutan
|
terjadi
konvergensi yang sangat dekat antara dunia TI dengan dunia telekomunikasi
|
Pelaku
utama Perusahaan yang memiliki web saja
|
Pelaku
utama Perusahaan, dan Pengguna/Komunitas
|
membutuhkan
kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesifikasi komputer yang agak
tinggi
|
Sumber
konten Penerbit/pemilik situs Pengguna
|
Kemampuan
dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, voice dapat
dilakukan layaknya aplikasi desktop
|
Dapat
mengakses internet melalui gadget lain selain komputer
|
Referensi :
- Frinawati, Heni Dwi. 2012. “Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 1 Rembang Berbasis Web”. Journal Speed Sentra Penilitian dan Edukasi Vol. 4 No.4. Tersedia : http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/242/236. [14 Maret 2016].
- Yagata. 2014. “Perbedaan Antara Web 1.0, 2.0, dan 3.0”. Tersedia : http://yagata.web.id/?p=210. [14 Maret 2016].
- EMS, Tim. 2012. Web Programming for Beginners. Jakarta: Gramedia.
0 comments
Give your comment here