HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

11:16 AM





PENGERTIAN HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah aturan yang digunakan dalam pengiriman permintaan dan tanggapan dari permintaan tersebut. HTTP menggunakan definisi yang sama untuk character sets dengan definisi Multipurpose Internet Mail Extentions (MIME) yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menerjemahkan karakter-karakter daya menjadi oktet-oktet data (encode) yang umum selanjutnya dengan metode yang sama dapat diterjemahkan  menjadi karakter-karakter yang sesuia dengan kebutuhan (decode).
Sebagai contoh, dalam penggunaan character sets dan teks menggunakan bahasa Jepang (ISO-2022-JP) dapat dengan mudah ditulis dengan teks wastern (ISO-8859-1) apabila teks tersebut sudah dienkode ke oktet-oktet yang umum digunakan.   Demikian pula dengan MIME yang disebut juga sebaga content coding. Sebuah browser hanya akan menampilkan berkasi-berkas dengan MIME uang didukungnya. Biasanya dilihat dari ekstensi berkas tersebut. Apabila MIME tersebut tidak didukung, maka browser akan menampilka pesan untuk men-download berkas tersebut.

CARA KERJA HTTP
·        HTTP Client membuat sambungan dan mengirim metode permintaan ke web server
·        HTTP Server memproses permintaan client, sementara client menunggu respon dari server
·        Web server merespon dengan kode status data (jika tersedia) dan menutup sambungan.


FUNGSI HTTP
Fungsi dari HTTP adalah sebagai protokol yang dimanfaatkan untuk melakukan transfer halaman atau dokumen dalam web. HTTP ini akan mendefinisikan bagaimana sebuah pesan bisa diformat serta dikirim dari client pada server dan begitu juga sebaliknya. HTTP juga akan menentukan mengenai tindakan apa saja yang harus dilakukan oleh web baik server maupun browser sebagai sebuah tanggapan pada perintah yang muncul pada protokol http tersebut.

Referensi:

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate