OOP (Object Oriented Programming) pada Java
9:32 AM
Kali ini gue
akan membahas mengenai konsep OOP pada Java yang baru aja gue pelajarin di
semester 4 ini. Mata kuliah nya adalah Pemrograman Berbasis Objek atau lebih
sering dikenal dengan singkatan PBO. Nah, kita langsung masuk materi aja ya.
1. Apa itu OOP
?
OOP merupakan singkatan dari Object Oriented Programming, adalah suatu
metode pemrograman yang berorientasi pada objek. Tujuan dari diciptakannya OOP
ini adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara menganalogikannya
dengan kehidupan sehari-hari, lebih singkatnya OOP ini dibuat untuk mempermudah
pemrograman.
Disini gue ambil contoh sebuah motor. Motor adalah sebuah objek, motor
tersebut dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil seperti mesin, roda,
knalpot, dll. Motor yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil tersebut
saling berhubungan, berinteraksi, dan berkomunikasi satu sama lain. Analogi
tersebut sama dengan program, dimana sebuah program merupakan objek besar yang
dapat dibentuk dari objek-objek yang lebih kecil dan kemudian saling
berinteraksi dan berkomunikasi kepada objek yang lain.
Ada beberapa pengertian penting dalam OOP yang harus kita ketahui, antara
lain :
Class, Method, Object, dan, Constructor. Mari kita bahas satu per-satu.
a. Class
Class merupakan
prototype, blueprint, atau rancangan (kerangka dasar) yang menjadi tempat
pendefinisian data dan fungsi-fungsi yang akan digunakan pada sebuah object.
Jadi, yang nantinya kita gunakan adalah object yang memiliki ciri dan fungsi
yang telah ditentukan pada class. Satu class dapat menghasilkan beberapa
object.
b. Method
Method merupakan suatu
operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method di
definisikan pada class kemudian dipanggil melalui object.
Method merupakan sarana
untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil agar dapat digunakan berulang-ulang.
Contoh, pada object Ayam terdapat method AyamGoreng, AyamBakar, dll.
c. Object
Object adalah benda, baik
yang berwujud nyata, maupun tidak nyata. Object merupakan instance dari class.
Jika class secara umum mempresentasikan sebuah object, maka instance adalah
representasi nyata dari class itu sendiri. Sebagai contoh, misalnya kita
membuat sebuah Class Buah, maka kita dapat membuat object Mangga, Apel, Pisang,
dan lain-lain.
d. Attribute
Attribute merupakan nilai
data yang terdapat pada suatu object di dalam class. Attribute mempunyai
karakteristik yang membedakan object yang satu dengan object yang lainnya.
Contoh : pada Class Buah terdapat attribute warna
dan rasa. Misalkan pada object
Apel : (warna) merah dan (rasa) manis , sedangkan pada object
Mangga : (warna) hijau dan (rasa) asam.
e. Constructor
Constructor adalah method
khusus yang memiliki nama sama dengan nama class. Constructor memiliki dua
karakteristik sebagai berikut :
-
Constructor
tidak mengembalikan nilai
-
Constructor
mempunyai nama yang sama dengan class.
Jika konstruktor tidak didefinisikan, Java akan memberikan
konstruktor dengan nama constactor_default. Konstruktor default tidak melakukan
apa-apa, namun variable yang tidak di definisikan akan dianggap sebagai berikut
:
-
Variable
numeric di set ke 0
-
Variable
string di set ke null
-
Variable
boolean di set ke false.
Next post, gue ingin membahas sedikit tentang karakteristik OOP :D
0 comments
Give your comment here