Kebijakan Web (Web Policy)

10:42 PM





Apa itu Kebijakan Web (Web Policy) ?
 
Kebijakan merupakan terjemahan dari kata policy yang berasal dari bahasa Inggris. Kata policy diartikan sebagai sebuah rencana kegiatan atau pernyataan mengenai tujuan-tujuan, yang diajukan atau diadopsi oleh suatu pemerintahan, partai politik, dan lain-lain. Kebijakan juga diartikan sebagai pernyataan-pernyataan mengenai kontrak penjaminan atau pernyataan tertulis. Pengertian ini mengandung arti bahwa yang disebut kebijakan adalah mengenai suatu rencana, pernyataan tujuan, kontrak penjaminan dan pernyataan tertulis baik yang dikeluarkan oleh pemerintah, partai politik, dan lain-lain. Dengan demikian siapapun dapat terkait dalam suatu kebijakan.

Dalam hal ini kita akan membahas mengenai Kebijakan Web atau biasa dikenal dengan nama Web Policy. Suatu website biasanya mencantumkan peraturan-peraturan mengenai cara untuk mengumpulkan informasi dari website tersebut dalam kebijakan yang mereka buat, sebagai contoh suatu website dapat meminta pengunjung untuk mencantumkan alamat website mereka ketika pengunjung tersebut mengambil informasi dari website mereka.

Dengan kebijakan ini maka pengguna/pengunjung website tersebut harus tunduk terhadap kebijakan yang sudah dituliskan pada halaman website tersebut. Kebijakan tersebut dapat mengatur hak pengguna website untuk mengakses dan menggunakan website.

Kebijakan seperti ini sangatlah penting karena dapat mengurangi pelanggaran hak cipta (copyright). Pelanggaran hak cipta yang dimaksud disini adalah mengambil informasi dari suatu website tanpa menyertakan sumber/alamat website/link website yang menjadi sumber informasi tersebut dan mengklaim informasi tersebut.

REFERENSI :
  • MADCOMS. 2008. Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP, dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate