Sejarah Teknologi Game

5:42 PM


APA ITU GAME ?

Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka dengan pengguna melalui gambar yang biasanya dihasilkan oleh perangkat video/console. Permainan video atau lebih sering disebut dengan Video Game umumnya menyediakan sistem penghargaan yang biasanya berupa skor atau nilai tertinggi yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan dalam menyelesaikan misi yang ada dalam permainan tersebut.

SEJARAH TEKNOLOGI GAME

Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka  pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.

BAGAIMANA SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME ?

Berdasarkan informasi atau tulisan – tulisan yang saya dapat dari artikel, jurnal, dan lain-lain, sejarah perkembangan teknologi game dibagi menjadi tujuh generasi, berikut akan saya jelaskan satu persatu.


1. GENERASI PERTAMA

Teknologi game pada generasi pertama berkembang antara tahun 1952 – 1975. Pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan tesisnya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Kemudian, douglas membuat game Tic – Tac – Toe yang diprogram pada komputer EDSAC Vaccum Tube.


Kemudian William Higinbotham menciptakan game Tennis for Two pada tahun 1958 yang dimainkan di osiloskop. Game sederhana yang menampilkan lapangan tennis dari samping ini memperlihatkan seolah bola dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net.

Pada tahun 1961 dimana komputer merupakan barang yang bisa dikatakan sangat mewah, Steve Russel membuat game bernama Spacewar karena ketertarikannya dengan kisah fiksi ilmiah karangan Edward E Smith yang berjudul Skylark. Memanfaatkan pekerjaannya yang menggunakan komputer mainframe MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik, Steve membuat Spacewar.

Video game mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh mahasiswa-mahasiswa pada tahun itu memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di kampusnya untuk menyalurkan kreatifitas. Kemudian menjadi lebih berkembang lagi ketika untuk pertama kalinya dirilis perngkat video game pada tahun 1972 untuk pasar rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan dengan televisi. Tetapi pada tahun 1975 produsen magnavox berhenti memproduksi odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis konsol. Sebagai gantinya, Magnavox memproduksi Odyssey 100, yaitu mesin yang khusus menyajikan game Pong.

2. GENERASI KEDUA

Memasuki tahun 1976 teknologi game generasi kedua mulai diperkenalkan. Generasi ini sering disebut dengan awal debut 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali oleh Fairchild dengan karyanya yaitu VES ( Video Entertainment System).

Di generasi kedua ini menjadi primadona console game yang diantaranya adalah Fairchild Channel F. Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari 5200.



Pada tahun 1980, berbagai produsen konsol muncul dan menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar. Sehingga perkembangan dunia game menjadi semakin pesat. Generasi kedua ini juga ditandai dengan game Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran Namco, Game & Watch seri video game-handheld keluaran Nintendo, dan juga APF yang mengeluarkan Imagination Machine yang merupakan add-on komputer untuk video game rumahan APF MP-100.

Tetapi pada tahun 1983 eksistensi dunia game mulai menurun karena kurang kreatifnya para pencipta game. Terlebih lagi perkembangan PC semakin canggih, sehingga orang-orang lebih tertarik membeli PC daripada membeli konsol video game.

3. GENERASI KETIGA

Generasi ketiga berkembang pada tahun 1983 – 1986. Konsol bernama Famicon/Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis di akhir tahun 1983 menjadi gebrakan baru yang diciptakan oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang. Konsol yang diciptakan FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi.

FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan Nintendo ini memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis harus dengan seizin Nintendo. Kemudian muncul game legendaris yang sampai saat ini masih memiliki banyak peminat, yaitu Super Mario.

Karena munculnya super mario yang dengan cepat booming, banyak perusahaan sofware maupun hardware yang menghentikan produksinya. Bahkan Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Di era ini produksi Nintendo mendominasi di Amerika dan merajai pasar video game, sehingga terjadi perang konsol game antara perusahaan konsol game Nintendo dengan SEGA.

4. GENERASI KEEMPAT


Teknologi Game generasi empat ini disebut dengan generasi 16 bit yang membawa perubahan pada gameplay, sound, dan graphic, generasi ini berkembang pada tahun 1988 – 1993. Pada generasi ini Nintendo dan SEGA terus bersaing dengan konsol – konsol terbaru yang mereka rilis.

5. GENERASI KELIMA

Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol untuk menyaingi konsol dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar menyaingi kecanggihan SNES dan Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit membuat tertarik pencinta game. Terlebih lagi pada saat itu Sony mengeluarkan konsol berbasis CD yang super legendaris.


Di Teknologi Game generasi lima inilah muncul konsol game yang bernama playstation yang diluncurkan oleh Sony. Generasi ini juga bisa disebut dengan era konsol 32 bit. Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk keluaran pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa.

6. GENERASI KEENAM


Teknologi Game generasi enam ini masih dikuasai oleh Sony. Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.

7. GENERASI KETUJUH

Tepat nya pada tahun 2005, SONY dan Microsoft dengan produknya masing – masing Playstation dan Xbox kembali bersaing. Boleh dibilang, Xbox terlambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2, dan support game-game tenar juga sangat minim. Tetapi, Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat. Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD.



2006, Xbox 360 hadir dengan segudang fitur istimewa, mulai dari grafis, hingga titel-titel game terkenal. Di antaranya Best Game of The Year s2006 versi beberapa situs game terkemuka, Gears of War. Apalagi, Xbox Live semakin disempurnakan, dan mendapat sambutan luar biasa dari para gamer.

Kali ini, giliran Sony yang terlambat. PlayStation 3 dirilis pada November 2006, selang seminggu sebelum Nintendo meluncurkan terobosannya, yaitu Nintendo Wii. Posisi PlayStation 3 kurang menguntungkan, selain karena Xbox 360 sudah keburu tenar duluan, Wii juga menawarkan inovasi pada stik kontrol mereka yang ’motion sensitive’. Apalagi, harga konsol terbaru Sony itu merupakan yang paling mahal dibanding dua pesaingnya. Alhasil, penjualan PlayStation 3 menjadi yang terendah di bawah Xbox 360 dan Wii.

GAME GENERASI HANDHELD


Merebaknya popularitas game membuat berbagai perusahaan elektronik berusaha membuat terobosan baru. Di antaranya adalah membuat sebuah mesin game berukuran kecil, yang bisa dibawa ke mana pun. Belakangan, konsol pun dibuat mini, serupa dengan handheld, tentu saja, ini merupakan sebagian terobosan besar yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah game.

- 1976-1979, sejarah video game saku ini bermula, beberapa piranti dari Mattel dirilis ke pasaran, tetapi tidak begitu populer. Demikian pula dengan handheld buatan Milton Bradley yang dilempar ke pasaran.

- 1980-1984, Perusahaan-perusahaan Jepang mulai merambah pasar handheld, tetapi tetap sama saja hasilnya. Hal ini terus berlanjut hingga 1984. Pada waktu itu, sebuah nama yang tentu tidak asing sampe sekarang, Game Boy, muncul. Handheld buatan Nintendo ini begitu diminati dan dinobatkan sebagai handheld pertama di dunia yang angka penjualannya boleh dikatakan sukses.

- 1990, dunia handheld semakin menggila, NEC, perusahaan elektronik terkemuka di Jepang membuat handheld yang mampu merender animasi 3D lebih kompleks, karena menerapkan konsep grafis 3D untuk PC (personal computer).

- 1994, Semenjak tahun tersebut, produsen game semakin gencar melakukan riset untuk handheld. Sega merilis Game Gear dan setahun berselang, Nintendo memperbarui produknya dengan Super Game Boy. Bahkan, Sega memproduksi handheld tanpa layar, Mega Jet, untuk diimplementasikan di pesawat terbang guna menghibur penumpangnya. Nintendo Virtual Boy menyusul, lengkap dengan kacamata 3D-nya, yang sekarang banyak ditiru untuk pelengkap berbagai paket produk grafis 3D.

GAME GENERASI MOBILE & ONLINE



Ini game generasi paling heboh karena banyak permainan/game yang dikembangkan untuk keperluan mobile seperti Game Flash, Game Versi Web, Game Versi Android dan dengan dukungan teknologi web maka muncullah Game Versi HTML5 yang kian marak dikembangkan sejak tahun 2012.


SOURCE

You Might Also Like

4 comments

  1. http://home.uni-leipzig.de/schreibportal/stilistik/#comment-63245
    Malaikatpoker is the Most Trusted Judi Poker OnlineSite in Indonesia. Malaikatpoker is one of the websites of Poker Online, domino qq and the most trusted Ceme airport in Indonesia. domino qiu-qiu online with our friendly and professional customer service, 24 hours standby on livechat for you. For us Faithful Members are Kings. Brave Angel Guarantees 100% Security of Member Data and guarantees 100% players vs. players. When other agents expect you to lose, Angelpoker expects you to WIN. Online poker players can enjoy poker online uang asli games that we provide.

    poker uang asli

    JudiKartu is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    agenwin is an online gambling agent that becomes a soccer gambling agent and casino agent by providing soccer gambling, online casino, sbobet soccer betting with the best server and easy to play via your mobile or smartphone. AGWbet has collaborated with several Indonesian local banks such as BCA, BRI, Indonesian and independent to improve service in the deposit and withdrawal process.
    agen bola terpercaya

    Zammora is an Online Store that was established in 2017, providing fashion products for women. We are focused on the beauty of design, and we are obsessed with quality.

    taswanita

    Welcome to .pihakqq.net, the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
    poker online

    Proqq.com is the Trusted Online BandarQ Online Agent and Domino Qiu Qiu / 99 / QQ which provides game Bandarq, Online Poker, Capsa Susun, AduQ, Bandar Poker, DominoQQ, Sakong and Bandar 66. Pro QQ is here to become one of the online gambling agent sites safe and reliable in Indonesia. With a minimum deposit of Rp.20,000 to reach all gambling players in Indonesia in order to play all the games available on ProQQ. If you need help with a deposit fund transaction service and withdraw funds and other complaints, then you can contact our 24 hour non-stop online customer service who is ready to provide the best service for you.

    Agen Poker Online


    BandarPoker Trust is that BandarQ Agent, BandarQQ, Domino QQ Online, Trusted Poker
    The BandarPokerTer language allows the entire team to benefit the loyal members of our Trusted
    Online Poker Site by providing friendly and super fast service in a variety of chat and transactions 24 hours a day to help players on various questions or basics. THANK YOU and WELCOME TO JOIN :)

    situs poker

    ReplyDelete
  2. Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online datingsite

    ReplyDelete
  3. OLXTOTO situs togel online terbaik dan terpercaya, kunjungi situs kami di https://104.248.157.40/

    ReplyDelete
  4. DUATOTOSitus live casino terbaik dan Terpercaya

    ReplyDelete

Give your comment here

Translate