Teori Game

10:17 AM



I.             Apa itu teori game ?

Teori game adalah suatu model matematika yang diterapkan untuk menganalisa situasi persaingan dan konflik (dalam hal ini bisa disebut dengan kata “strategi”) antara berbagai kepentingan sehingga dapat mengambil suatu keputusan. Teori permainan ini awalnya dikembangkan oleh seorang ahli matematika perancis yang bernama Emile Borel pada tahun 1921 dan selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh John Van Neemann dan Oskar Morgenstern sebagai alat untuk merumuskan perilaku ekonomi yang bersaing. John Van Neemann dan Oskar Morgenstern mengungkapkan bahwa, “Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”

Contoh permainan yang umumnya menggunakan strategi adalah catur, sepak bola, puzzle, dan lain-lain.

II.          Elemen dasar game
Agar game dapat dimodelkan secara matematis, diperlukan 4 elemen dasar dari sebuah game:
1.      Pemain
2.      Tindakan
3.      Payoff
4.      Informasi

Keempat elemen itu disebut juga Rules of The Game. Para pemain berusaha memaksimalkan kemampuan mereka, dengan cara memilih strategi yang tepat berdasarkan informasi yang mereka miliki. Keadaan di mana setiap pemain telah menentukan strategi yang optimal disebut kesetimbangan (equilibrium).

Setiap pemain mungkin memiliki lebih dari satu strategi yang dapat digunakan untuk memenangkan permainan dan akan memilih strategi mana yang paling tepat untuk jenis permainan yang dimainkannya.

III.      Model game
Game di klasifikasi kan menjadi beberapa bagian, diantaranya :

·         Klasifikasi berdasarkan jumlah pemain
·         Klasifikasi berdasarkan jumlah keuntungan dan kerugian
·         Klasifikasi berdasarkan jumlah strategi
·         Klasifikasi berdasarkan informasi
·         Klasifikasi berdasarkan kesepakatan

IV.      Penerapan teori game
Dalam aplikasi bisnis, teori permainan menyerupai Decision of Tree dalam tujuannya untuk mencapai keputusan yang terbaik. Namun kelebihan dari penerapan teori permainan ini adalah, di dalam teori permainan memperhitungkan langkah yang akan diambil oleh pemain lainnya.


REFERENCE

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate