Dampak Globalisasi

8:40 AM




DAMPAK GLOBALISASI
(Terhadap Lingkungan Sekitar)

Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan Sasi, Global artinya mendunia, dan Sasi artinya Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah "Suatu Proses yang Mendunia”.
Proses ini menciptakan orang-orang yang modern dan memiliki pemikiran tanpa batasan yang kemudian bisa di wujudkan dan di aplikasikan melalui teknologi baru yang di ciptakan oleh manusia.

Beberapa penyebab terjadinya Globalisasi antara lain :
1.      Kebutuhan manusia yang semakin lama semakin banyak dan tidak ada habisnya
2.      Berkembangnya cara berfikir manusia
3.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Adanya informasi-informasi baru
5.      Dituntut oleh kemajuan pendidikan yang berkembang pesat.

Proses Globalisasi ini juga memiliki Dampak positif dan negatif, beberapa dampak globalisasi antara lain :

DAMPAK POSITIF
1.      Pola hidup yang serba cepat
2.      Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi
3.      Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang melimpah
4.      Pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis
5.      Meningkatkan kesempatan kerja

DAMPAK NEGATIF
1.      Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena lebih memilih produk luar negeri yang dianggap lebih bagus
2.      Banyak anak muda yang meniru gaya atau pola hidup orang barat
3.      Munculnya sikap individualisme
4.      Dampak yang paling berbahaya adalah bagi lingkungan, yaitu Global Warming

Globalisasi telah menjalar ke seluruh masyarakat di negara ini, terbukti bahwa manusia sekarang memiliki pola hidup yang serba cepat, misalnya saja di bidang makanan, manusia banyak yang lebih memilih makanan cepat saji (Fast Food). Contoh lainnya adalah penggunaan Gadget yang selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Berkembangnya cara berfikir dan semakin banyaknya kebutuhan manusia lah yang memaksa kita untuk menjadi manusia yang memiliki pola hidup serba cepat dan serba update informasi-informasi terbaru.
Globalisasi juga sangat berpengaruh di bidang pendidikan dan industri. Buku dan papan tulis yang biasa digunakan sebagai sarana untuk belajar mengajar sekarang digantikan dengan Notebook dan LCD Projector, hal ini merupakan dampak yang sangat positif karena cara semacam ini juga mengenalkan siswa kepada teknologi-teknologi modern. Globalisasi juga berdampak pada bidang industri, dimana manusia yang biasanya mengerjakan proses produksi secara manual, sekarang pekerjaan tersebut digantikan oleh mesin, manusia hanya sebagai operator nya, hal ini akan mempercepat proses produksi dan meningkatkan profit (keuntungan).

Dampak lainnya yang paling terlihat adalah Global Warming (Pemanasan Global). Pemanasan Global pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan suhu dari tahun ke tahun secara global karena terjadinya Efek Rumah Kaca yang disebabkan oleh meninggkatnya polusi udara oleh Karbondioksida (CO2), metana (CH4), dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.
Pemanasan Global menimbulkan dampak yang serius bagi bumi ini, seperti melehnya es di kutub, kenaikan tinggi air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, hama penyakit, dan sebagainya.



CARA MENGATASI
Ada beberapa cara untuk mengatasi dampak negatif dari globalisasi , antara lain :
1.      Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia
2.      Meningkatkan kualitas nilai keimanan dan moralitas masyarakat
3.      Menanamkan rasa cinta terhadap produk dalam negeri
4.      Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Kesimpulannya , Globalisasi tak selamanya memberikan dampak yang buruk terhadap kelangsungan hidup manusia selama kita tahu cara untuk mencegah efek negatif yang mungkin bisa terjadi, ambil dampak positif nya dan cegah dampak negatif nya.





You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate