Dampak Positif dan Negatif Teknologi Game di Lingkungan Masyarakat

11:53 AM

Perkembangan teknologi di era modern ini sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari – hari. Namun, teknologi tersebut tentunya membawa dampak yang positif dan negatif.




Sesuai dengan judul diatas, yang akan penulis bahas dalam tulisan ini adalah dampak positif dan negatif dari perkambangan teknologi game dikalangan masyarakat. Di era modern ini, teknologi dalam bidang video game sungguh sangat maju. Anda dapat bermain kapan saja dan dimana saja dan kapan saja. Dengan layanan console portable ataupun melalui mobile game. Video game ini dapat dimainkan berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Hal tersebut teersebut tentunya dapat memberikan dampak yang positif ataupun negatif terutama untuk anak – anak. Berikut akan dibahas beberapa dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi game.

Dampak Positif

1.      Berfikir Kritis


Video game membuat seseorang berfikir lebih cepat dan mampu memahami masalah agar nantinya mampu mencapai tujuan inti game tersebut. Dengan pemahaman berfikir mereka tersebut biasanya akan lebih mudah bagi mereka untuk mempraktekannya di dunia nyata. Mereka akan berfikir lebih kritis dan mampu memahami perkara di sekitarnya.

2.      Pengembangan Sosial


Banyak orang berfikir bahwa bermain video game dapat membuat seseorang kehilangan kehidupan sosial nya. Memang hal tersebut ada benarnya, namun video game saat ini dapat dimainkan secara online yang artinya para pemain dapat berinteraksi langsung dengan orang lain yang jarak nya berada di luar kota atau jauh dari tempat tinggal pemain.

3.      Pendidikan


Studi dilakukan oleh sekumpulan peneliti di Universitas Medis Charite St. Hedwig-Krankenhaus, Berlin, Jerman. Mereka mempelajari kemampuan otak untuk meningkat dan bertumbuh saat bermain video game. Mereka menyebutkan bahwa bermain video game membutuhkan "kemampuan tertentu akan beberapa keahlian", ini menyebabkan otak menjadi lebih aktif.

4.      Menghilangkan Penat


Setelah beraktifitas yang penuh dengan tuntutan fisik dan pikiran, video game dapat dijadikan sebagai pelepas penat dan stres. Dengan bermain video game, otak manusia dapat melegakan pikirannya sehingga tidak tegang dan mampu menjadi hiburan yang menyenangkan pula bagi otak.

Dampak Negatif

1.      Kekerasan


Suatu game dapat memberikan efek negatif bagi pemain nya, terutama untuk game dengan tipe Fight. Khususnya untuk anak – anak, game dengan tipe Fight dapat memicu anak untuk mengikuti tingkah dan perilaku karakter yang ada di dalam game. Tidak jarang terjadi kekerasan karena faktor video game, bahkan dalam kasus yang ekstrem, ada pula kasus pembunuhan yang disebabkan oleh video game.

2.      Kecanduan


Seseorang yang bermain game biasanya tidak tau kapan waktu nya harus berhenti, dalam hal ini artinya pemain biasanya tidak tau batasan, apalagi jika game yang dimainkan berupa alur cerita, maka sang pemain akan berusaha untuk menyelesaikan dan mengikuti alur cerita game tersebut sampai benar – benar selesai.

3.      Isolasi Sosial


Meskipun saat ini terdapat game Online yang tidak menghalangi pemain untuk berkomunikasi dengan pemain lain, namun nyatanya hal tersebut tetap tidak membantu dalam hal sosial pemain tersebut. Mungkin mereka dapat dengan nyaman melakukan komunikasi sosial secara online, namun tetap saja mereka akan sulit untuk berkomunikasi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya karena terlalu sering bermain game di rumah ataupun di game station.

4.      Membuat Stress


Game dapat menghilangkan penat jika dimainkan sesuai dengan batas waktu dan kemampuan, namun jika kita bermain game secara terus menerus karena penasaran dengan akhir dari game tersebut, maka hal tersebut hanya akan menjadikan pemain menjadi bertambah stress.


REFERENCES

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate