Proposal E-Business
8:32 AM
PROPOSAL E-BUSINESS
SERVICE DAN PENJUALAN PERLENGKAPAN KOMPUTER
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada era globalisasi modern
sekarang ini komputer / laptop adalah sebuah alat yang sudah sangat pupuler.
komputer telah memberikan berbagai macam kemudahan bagi maunusia dalam
melaksanakan berbagai macam aktivitas harian. Menonton film, bermain game,
menyelesaikan tugas hingga melaksanakan pekerjaan kantoran kesemuanya sekarang
sudah tidak terlepas dari komputer karena semua hal tersebut dapat dilaksanakan
dalam satu alat yang bernama komputer tersebut.
Melihat paradigma dan
perkembangan kepopuleran komputer dalam masyarakat, kita dapat mencermati bahwa
hampir semua lapisan masyarakat sudah bisa untuk menjalankan / mengoperasikan
komputer namun tenaga yang bisa untuk memberikan jasa service komputer masih
amat terbatas. Dengan latar belakang pendidikan pada jurusan informatika
universitas muhammadiyah malang dan melihat peluang bisnis yang terbuka lebar
tersebut, kami bermaksud untuk membuka usaha sevice computer yang mampu
memberikan hasil kerja yang berkwalitas dengan pelayanan yang sangat memuaskan.
1.2 Tujuan Pembangunan Usaha
Dalam pembangunan usaha ini
terdapat beberapa tujuan yang hendak ingin dicapai
yang merupakan indikator dasar pembuatan usaha ini
:
1.
Media dalam mengimplementasikan
ilmu yang telah didapat selama kuliah.
2.
Membantu masyarakat yang
kesulitan ketika komputenya rusak dengan cara menawarkan jasa service.
3.
Memanfaatkan peluang usaha yang
memiliki prospek yang amat menjanjikan untuk kedepanya.
4.
Membuka peluang kerja baru bagi
mahasiswa informatika yang baru lulus.
BAB 2
ANALISA
PRODUK
2.1 Produk Yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan kepada konsumen dalam usaha
ini adalah berupa jasa servis
dan penjualan perlengkapan komputer.
2.1.1 Jenis servis komputer yang nanti akan kami tawarkan meliputi :
a.
Hardware
Servis hardware nantinya meliputi
perbaikan pada bagian fisik komputer yang mengalami kerusakan seperti masalah
pada hardisk, ram, dvd rom / rw dan lain-lain.
b.
Software
Untuk kerusakan pada software,
nantinya kami menangani masalah seperti masalah virus atau kesalahan penggunaan
yang berakibat pada rusaknya system operasi pelanggan tersebut.
2.1.2
Jenis penjualan perlengkapan
computer yang akan dijual adalah :
a.
Aksesoris computer (Pelindung
keyboard dan desktop, Speker, pembersih komputer
dan lain-lain.)
b.
Perlengkapan suku cadang computer
(Ram, Hardisk, keyboard PC, dan lain-lain.)
2.2 Keunggulan Produk
Keunggulan usaha yang kami
tawarkan disini telah kami analisa dengan baik sehingga dengan
keunggulan-keunggulan tersebut kami dapat menarik konsumen lebih banyak.
Keunggulan-keunggulan tersebut adalah :
1.
Konsultasi kerusakan computer
secara gratis.
Konsumen dapat mengkonsultasikan
kerusakan komputenya secara gratis lewat e-mail atau lewat group facebook yang
telah kami buat.
2.
Penanganan servis oleh tenaga
yang berkompeten dalam bidangnya.
Tenaga kerja yang menangani
masalah servis adalah mahasiswa teknik informatika
yang memiliki wawasan tentang komputer.
3.
Adanya jaminan terhadap barang
yang diservis.
Kami memberikan garansi atas
computer yang kami servis
4.
Harga perlengkapan komputer yang
lebih murah.
Barang yang kami jual diambil
langsung dari prodesen sehingga jual kekonsumen murah.
BAB 3
ANALISA
PASAR
3.1 Peluang Pasar
Peluang pasar yang dimiliki usaha
jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini sangat menjajikan. Tingkat
kebutuhan masyarakat terutama masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal
lain yang terkait dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup
signifikan. Salah satu indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan
komputer adalah semakin genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling
berupaya untuk menghadirkan sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang
bisa menampung dan menunjang segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan
dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan semakin banyaknya computer yang
terjual di masyarakat maka keperluan perawatan dan servis pasti akan sangat
diperlukan, latar belakang pendidkan yang berbeda membuat tidak semua
masyarakat bisa untuk memberikan servis yang baik kepada computer yang
dimilikinya. Peluang inilah yang nanti bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan
sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan yang banyak.
Sasaran usaha
jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini pada dasarnya tidak
dibedakan karena yang terpenting adalah orang tersebut memilki komputer yang
menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan segmentasi pasar secara umum
tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran usaha ini secara khusus.
Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada objek yang paling banyak
menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini para pegawai kantor dan mahasiwa
merupakan sasaran dari segmentasi pasar ini.
3.3 Analisa Pelanggan
Karakteristik dari pelanggan :
a.
Geografi
: Perkotaan
b.
Status
: Belum
menikan-Menikah
c.
Sex
: Laki-laki dan Perempuan
d.
Pekerjaan
: Pegawai kantor dan Mahasiswa
e.
Umur
: Remaja
dan Dewasa
3.4 Media
Promosi Yang Digunakan
Promosi
dilakukan dengan cara online dan offline yang ini dimaksudkan agar penyampaian
promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap. Pelaksanaan promosi
direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut adalah media promosi
yang digunakan :
1.
Internet
Memasang iklan lewat internet
seperti lewat facebook atau website yang menyediakan layanan iklan.
2.
Surat kabar.
Agar masyarakat yang suka membaca
berita lewat Koran dapat menyerap informasi promosi tersebut.
3.
Radio
Radio saat ini bisa didengar oleh
masyarakat secara lebih luas dan tidak terbatasi oleh faktor ekonomi.
4.
Penyebaran brosur.
Dilakukan sebagai upaya promosi
penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada. Penyebaran brosur dilakukan di
kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.
3.5 Strategi Pemasaran
Agar
usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini dapat dengan cepat
menarik perhatian masyarakat dan mampu popular diantara sekian banyak usaha
sejenis yang sudah ada, maka berikut adalah strategi pemasaran yang nanti akan
kami kembangkan :
1.
Melakukan
promosi khusus selama dua minggu sebelum usaha ini benar-benar dibuka, ini
adalah terobosan awal agar masyarakat mengetahui akan hadirnya usaha ini.
2.
Memberikan diskon khusus selama
satu minggu kepada konsumen yang melakukan servis atau membeli perlengkapan
computer dalam jangka waktu tersebut.
3.
Membuat sebuah group pada salah
satu situs jaringan social seperti facebook yang bertujuan untuk membuka
semacam media untuk berdiskusi tentang usaha yang dikembangkan ini. Pada bulan
pertama ditargetkan seluruh mahasiswa informatika angkatan 2007 telah bergabung
dalam komunitas ini.
4.
Melakukan kerja sama dengan
beberapa penyelengara usaha sejenis yang letaknya berada pada sebuah lokasi
yang berbeda agar produk dapat lebih mudah terjual.
Peluang
usaha yang memilki potensi besar tentunya akan mendapat pesaing-pesaing yang
berkwalitas pula. Begitu juga dengan usaha yang akan kita bangun kali ini,
Terdapat beberapa pesaing yang menurut kami mampu untuk memberikan pengaruh
terhadapat perkembangan usaha yang akan kita jalankan ini kedepanya. Berikut
adalah beberapa pesaing yang akan kita hadapai serta kekuatan yang mereka
miliki saat ini :
1.
Borneo komputer.
Mereka memberikan penawaran harga
yang relative murah serta memilki cabang dibeberapa daerah yang tersebar dikota
malang.
2.
Kirana aktif.
Memilki cabang pemasaran yang
sudah tersebar dikota malang dan memiliki stategi bisnis yang bagus yang
terlihat dari ramainya konsumen yang datang.
3.
Bio Komputer.
Mereka memilki cabang yang banyak
dikota malang serta tenaga kerja yang memilki kualitas baik
BAB 4
ANALISA
PRODUKSI DAN OPERASI
4.1 Proses Produksi
Untuk
mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini kami memilki beberapa
tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, tenaga kerja yang ada
merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan computer baik itu
yang secara langsung menangani masalah servis ataupun yang menjadi mediator
dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari konsumen yang masuk
lewat media internet. Untuk masalah barang-barang yang dijual kami secara
langsung memesan dari produsen atau agen resmi.
4.2 Bahan Yang Diperlukan
Untuk menjalankan usaha ini
berikut adalah bahan-bahan serta perlengkapan yang kami butuhkan yang nanti
akan mendukung kelancaran usaha ini :
1.
Komputer
2.
Tools yang digunakan untuk
melakukan service
3.
Printer
4.
Alat komunikasi (HP / Telepon)
5.
Buku dan alat tulis serta
kwitansi took
6.
Akses Internet.
BAB 5
ANALISA
KEUANGAN
5.1 Modal Awal (Fixed Cost)
Berikut adalah perincian modal awal serta
penggunaanya :
1.
Sewa tempat 1 tahun : Rp 6.000.000,00
2.
Komputer
kantor : Rp 4.000.000,00
3.
Perlengkapan ruangan : Rp 3.000.000,00
4.
Tools service : Rp 2.000.000,00
5.
Perlengkapan Hardware : Rp 20.000.000,00
6.
Perlengkapan software : Rp 3.000.000,00
7.
Aksesoris computer : Rp 2.000.000,00
TOTAL MODAL : Rp 40.000.000,00
5.2 Pendapatan
Berikut adalah perkiraan pendapatan setiap bulannya
:
1.
Servis komputer : Rp 1.500.000,00
2.
Penjualan peralatan hardware : Rp 10.000.000,00
3.
Penjualan software : Rp
1.500.000,00
4.
Penjualan aksesoris komputer : Rp 1.000.000,00
TOTAL PENDAPATAN / BULAN : Rp 14.000.000,00
5.3 Variabel Cost
Berikut adalah perkiraan pengeluaran operasional setiap bulannya :
1.
Gaji karyawan : Rp 5.000.000,00
2.
Transportasi : Rp
500.000,00
3.
Rekening
listrik :
Rp 100.000,00
4.
Rekening Air :
Rp 100.000,00
5.
Akses
internet :
Rp 200.000,00
6.
Lain-lain :
Rp 500.000,00
TOTAL
OPERASIONAL : Rp 6.400.000,00
BAB 6
PERSONALIA
DAN JADWAL KEGIATAN
6.1 Personalia
Berikut adalah orang-orang yang akan bergabung
dalam membangun usaha ini :
a.
Rizka Fajarini 07560292
b.
Syakban Nashir 07560293
c.
Very Wahyu S. 07560297
BAB 7
PENUTUP
Demikian
proposal ini kami buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini
dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat
menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi
untuk pembuatan proposal kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
0 comments
Give your comment here