Website Universitas Gunadarma

3:48 PM


LATAR BELAKANG

Indonesia terus mengalami perkembangan komputerisasi, hal tersebut menjadi jawaban atas pertanyaan tentang kebutuhan pendidikan komputer bagi bangsa ini. Oleh karena itu, pada 7 Agustus 1981 dibuat sebuah program pendidikan komputer dengan nama Program Pendidikan Ilmu Komputer. Program ini tidak hanya membahas tentang pemanfaatan komputer saja, tetapi juga sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memperdalam pengetahuan tentang ilmu komputer. Buktinya, hal tersebut mengalami peningkatan, sehingga,  dasar Matematika Penelitian Operasi dan Pengembangan Sistem Analis dibentuk untuk mengakomodasi Program Pendidikan Ilmu Komputer yang kemudian berubah nama menjadi Indonesia Ilmu Komputer Akademi.

Jalan menuju kesuksesan itu pun belum berhenti, akademi menaikan tingkatannya ke Sekolah Tinggi. Sekolah tersebut harus memiliki nama yang sama dengan yayasan tersebut. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 1984, Korpetis III mengkonsolidasikan nama Gunadarma Komputer dan Informatika Sekolah Tinggi Manajemen (STMIK Gunadarma).

Nama “Gunadarma” dipilih karena terinspirasi dari salah satu arsitek yang membangun “Seven World of Wonder”, yaitu Candi Borobudur, pada era Dinasti Syailendra. Lebih jauh lagi, Gunadarma juga berarti niat yang tulus yang berdedikasi kepada masyarakat melalui sekolah tinggi. STMIK Gunadarma berada di Jalan Salemba Raya 53, Jakarta. Satu tahun setelah konsolidasi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memberikan status “TERDAFTAR” kepada STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0424/0/1985 untuk program Diploma 3 (D3) dan Strata 1 (S1) pada 5 Oktober 1985.

Dunia komputerisasi yang merambah ke dunia bisnis berhasil menarik minat masyarakat. Antusiasme membuat kampus tidak dapat menampung lagi sampai akhirnya STMIK Gunadarma membuka kampus baru di Pondok Cina, Depok. Lebih dari itu, kualitas pendidikan juga di tingkatkan untuk mengakomodasi tuntutan masyarakat. Pencapaian tersebut membuat STMIK Gunadarma berubah status menjadi “DISAMAKAN” melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0490/0/1989 pada bulan Agustus 1989. Keberhasilan tersebut tidak berhenti sampai disini, yayasan tersebut membuat sekolah tinggi lainnya yang diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) pada tanggal 13 Januari 1990 dengan program utama adalah Ilmu Ekonomi yang dibagi menjadi dua jurusan yaitu Manajemen dan Akuntansi yang di tekankan pada komputerisasi. Dengan Keputusan Direktorat Jenderal DIKTI nomor 92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, dua sekolah tinggi ini di gabung menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA. Penggabungan ini dimaksudkan sebagai dasar untuk mengantisipasi masa depan dengan menciptakan tenaga profesional yang dapat diandalkan sebagai dasar teknologi informasi bagi bangsa untuk menghadapi globalisasi.


VISI dan MISI

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Universitas Gunadarma tentu memiliki Visi dan Misi yang harus dicapai.

VISI
Pada tahun 2017, Universitas Gunadarma akan menjadi universitas swasta terkemuka yang memiliki reputasi internasional, jaringan global, dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap daya saing bangsa.

MISI
  • Membangun pendidikan tinggi berbasis ICT yang berkualitas untuk meningkatkan daya saing bangsa.
  • Menciptakan suasana akademik yang mendukung penelitian kelas dunia untuk memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  • Mengorganisasikan aktivitas pelayanan masyarakat sebagai perwujudan lembaga sosial.
  • Membangun kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri.
  • Mengembangkan organisasi kelembagaan dalam menanggapi berbagai macam perubahan pada masyarakat.


ISI dan INFORMASI

Website ini berisi informasi-informasi mengenai Universitas Gunadarma. Pada halaman utama terdapat berita – berita terbaru tentang hal – hal yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma. Pada web tersebut juga diberikan informasi – informasi mengenai Universitas Gunadarma seperti Latar Belakang berdirinya Gunadarma, Visi dan Misi, daftar Program Akademi, Fakultas, dll. Pada website tersebut juga terdapat linked website gunadarma, diantaranya adalah BAPSI, V-Class, UG Gamezone, dll.


KELEBIHAN dan KEKURANGAN

Sebuah website tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan website Universitas Gunadarma menurut pengamatan saya.

KELEBIHAN
Website ini memiliki warna ungu (dominan) dengan paduan warna putih, warna tersebut sangat simple, terkesan mewah, dan tidak merusak mata karena paduan warna yang serasi. Terdapat kotak search pada bagian kanan atas, hal ini memudahkan pengunjung website dalam melakukan pencarian pada website ini. Memiliki tampilan yang responsif.

KEKURANGAN
Terdapat beberapa fitur yang tidak bisa di klik (fitur Facilities). Informasi yang terdapat dalam website tersebut menggunakan bahasa inggris, hal tersebut dapat mempersulit pengunjung yang kurang mengerti bahasa inggris dengan baik.

REFERENSI :

- Gunadarma, University. 2007. Tersedia : http://gunadarma.ac.id/. [Diakses : 08 Mei 2016].
- Translate, Google. Tersedia : translate.google.com. [Diakses : 08 Mei 2016].

You Might Also Like

0 comments

Give your comment here

Translate